Senin, 16 Februari 2015

Apa Itu Search Engine Optimization (SEO)?

Anda mungkin sudah sering mendengar istilah searh engine optimization atau yang sering dikenal sebagai SEO. Atau bahkan anda pernah ditawari menggunakan jasa SEO dari salah satu penyedia, baik itu melalui email atau link di sosial media. Search engine optimization adalah sebuah metode yang digunakan agar website kita atau klien kita tampil di halaman awal pada pencarian kata kunci. Lebih-lebih tampil di urutan teratas pada mesian pencari. Ada berbagai macam mesin pencari populer di Internet. Yang paling sering digunakan sebagai referensi adalah Google. Apabila website kita saudah bisa tampil di halaman awal pencarian Google, bisa dibilang mesin pencari juga akan melakukan hal yang sama. Ada beberapa faktor yang berpengaruh agar website kita 'bagus' di mata mesin pencari.

Mengapa website kita harus tampil di halaman awal Google?

Penelitian menunjukkan bahwa websitr yang tampil pada halaman awal mesin pencari dalam hal ini google akan lebih sering diklik atau mendapat pengunjung yang jauh lebih banyak dibandingkan yang tidak tampil di halaman awal google atau bahkan tidak terindeks google. Biasanya website-website baru yang berumur kurang dari 2 minggu tidak akan diindeks oleh mesin pencari google. Nah, ini adalah suatu kerugian apalagi jika website tersebut adalaah website untuk jual beli. Tentu keuntunganya tidak seberapa. Penelitian juga menunjukkan bahwa google termasuk ke dalam 5 besar website yang paling sering dikunjungi selain facebook. Jadi sangat penting website kita tampil di awal halaman mesin pencari google untuk emndapatkan pengunjung yang lebih banyak. Ibarat kita punya pasar maka kita ingin banyak orang yang mengunjungi pasar kita. Semakin banyak pengunjung maka kemungkinan terjadi transaksi jual beli akan semakin lebih besar.

Bagaimana caranya supaya terindeks Google?

Website-website yang baru dibuat mungkin belum mempunyai trafik dan juga tidka terindeks oleh mesin pencari google. Kita bisa memberitahu goolge tentang website kita menggunakan Webmaster. Untuk menggunakanya kita harus terlebih dahulu login ke akun mail google atau gmail. Bagi yang belum mempunyai akun gmail bisa langsung mendaftar secara gratis. Supaya kita bisa memberitahu google mengenai website kita menggunakan webmaster, terlebih dahulu website kita pasangi sitemap yang bisanya berekstensi xml. Sitemap inilah yang akan kita upload ke Google. Mengenai tutorialnya bisa dibaca pada postingan yang akan datang.

Demikian ulasan mengenai search engine optimization. Nantikan postingan selanjutnya.  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar