Sabtu, 21 Maret 2015

Cara Mudah Cepat Terindeks Oleh Google

Google adalah mesin pencari paling populer sejagat. Apabila kita mempunyai website atau blog baru tentu kita ingin agar website atau blog baru kita tersebut cepat terindeks oleh google. Karena dengan terindeks oleh google maka website kita akan mudah ditemukan user. Supaya website kita cepat terindeks oleh google ada beberapa tips yang bisa dilakukan. Tulisan ini mengulas tentang cara mudah agar website kita cepat terindeks oleh google. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah menggunakan Google Webmaster. Google Webmaster bisa diakses melalui http://google.com/webmaster. Namun sebelum kita menggunakan Google Webmaster, website kita harus mempunyai sitemap yang bertipe xml dan sudah ada isinya. Jangan sampai website anda masih kosong karena akan memperburuk reputasi website anda di mata google. Kalau blog anda menggunakan blogspot, sitemapnya bisa diakses melalui http://namablog.blogspot.com/atom.xml. Jika website anda menggunakan wordpress, anda bisa menggunakan plugin untuk membuat sitemapnya. Berikut langkah-langkah menggunakan Google webmaster.

1. Login ke Google Webmaster menggunakan akun gmail anda.

2. Tambahkan site di Google Webmaster dengan mengklik add site.

3. Jika anda menggunakan blogspot maka blog anda akan secara otomatis terdaftar di Google Webmaster anda.

4. Jika anda menggunakan wordpress, anda harus memverifikasi kepemilikan website. Ada beberapa cara untuk melakukan verifikasi kepemilikan website. Cara yang paling mudah adalah upload file verifikasi website ke direktori utama tempat dimana website anda dihostingkan.

5. Jika sudah diupload, klik verify pada Google Webmaster anda. Website anda sudah terverifikasi bahwa anda adalah pemiliknya. Langkah selanjutnya adalah mengupload sitemap.

6. Pilih Sitemaps dan klik add/test sitemap, setelah itu jika anda menggunakan blogspot anda cukup memasukkan atom.xml. Dan jika anda menggunakan wordpress dengan plugin Goolge Sitemap Generator anda cukup memasukkan sitemap.xml pada bidang isian. Jika anda menggunakan plugin Yoast anda bisa memasukkan sitemap_index.xml.

7. Yang terakhir pilih Submit Sitemap dan dalam waktu kurang dari 24 jam, website atau blog anda akan langsung terindeks oleh Goolge.

Bagaimana caranya kalau kita ingin memeriksa website kita sudah terindeks oleh google atau belum? Caranya mudah sekali. Anda cukup membuka website http://google.com kemudian masukkan pada bidang pencarian: site:namawebsiteanda. dan jika website anda muncul sebagai hasil pencarian maka website anda sudah terindeks oleh Google.

Sekian Cara Mudah Cepat Terindeks Oleh Google.    

Tidak ada komentar:

Posting Komentar